Bila dokter memutuskan gigi anda harus di cabut, tips pertama percayalah bahwa keputusan itu untuk kebaikan anda, jadi pasrahkan saja gigi anda pada dokter

Yang perlu di persiapkan sebelum eksekusi berlangsung adalah

Persiapan mental : relaks, jangan panik, jangan stress, panik dan stress akan meningkatkan tekanan darah dan membuat perdarahan sulit berhenti. Bila resah katakan terus terang kepada dokternya, karena bila perlu akan di beri obat penenang.

Persiapan fisik : minum obat yang di berikan sebelumnya sesuai petunjuk dokter, malam sebelum eksekusi jangan ke diskotik begadang; tidur cukup dan makan terlebih dahulu kira-kira 1-2 jam sebelum eksekusi dilaksanakan. Persiapan ini dimaksudkan untuk menjaga tekanan darah dan gula darah anda dalam keadaaan normal, Bila tekanan darah tidak dalam batas normal maka pencabutan bisa di tangguhkan karena hal tersebut dapat menyebabkan perdarahan sesudah pencabutan, Demikian pula kadar gula yang rendah menyebabkan pasien menderita hypoglikemia, sedangkan kadar gula tinggi mempersulit penyembuhan luka pasca pencabutan selain itu juga infeksi sulit terkontrol.

Setelah gigi busuk anda lenyap dengan tenang damai meninggalkan mulut indah anda, yang perlu di ingat adalah :

1. Gigit lah tampon (gulungan kapas) dengan mengatupkan rahang selama 1 jam, gunanya untuk memberikan efek tekanan pada luka pasca pencabutan sehingga di harapkan terbentuk gumpalan darah (blood cloth )

2. 24 jam setelah pencabutan, jangan merokok, minum alcohol, memakai sedotan, terlalu sering berkumur dan memainkan luka dengan lidah atau menghisap2 luka. Tanya kenapa? Hal ini untuk mencegah terlepasnya blood cloth yang akan menyebabkan perdarahan.

3. Selama 24 jam pertama jangan pergi ke disko, sebaiknya mengurangi aktivitas yang akan meningkatkan tekanan darah, mengurangi perdarahan dan membantu proses penyembuhan luka.

4. Untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak gunakan kompres dingin dengan menggunakan es batu yg di masukkan ke dalam plastik, di pipi sisi yang dicabut, tempelkan 10 menit, istirahatkan 10 menit, temple lagi 10 menit trussā€¦sampai rasanya lebih enak.

5. Banyak minum, makanan lunak, jangan makan pedas, boleh makan kembali seperti biasa setelah merasa lebih nyaman.

6.Tetap menyikat gigi seperti biasa dan berkumur dengan air garam untuk menghilangkan sisa makanan yang nyangkut di socket bekas pencabutan.7. Minum obat sesuai petunjuk dokter, ANTIBIOTIK harus di habiskan.

Bila terjadi perdarahan dan repot mencari gumpalan kapas, bisa gunakan tea bag/the celup letakan pada luka bekas pencabutan dan katupkan rahang sampai perdarahan berhenti. Teh mengandung tanin dan di literature di katakan zat ini bisa menghambat perdarahan.
Segera hubungi dokter anda/ RS terdekat bila perdarahan tidak berhenti, setelah tiga hari terjadi rasa sakit yang luar biasa, bau mulut, pembengkakan yang tidak berkurang.

Iklan