Karies gigi adalah penyakit infeksi gigi yang merusak struktur gigi, konsekuensinya adalah kerapuhan dan gigi berlubang. Jika dibiarkan dapat mengakibatkan sakit, gigi tanggal, infeksi dan ,pada beberapa kasus berat, kematian.

Karies gigi ini ditandai dengan adanya white spot yang berkembang membentuk lubang hitam yang besar. Meskipun bisa diamati dengan mata telanjang, pengamatan dengan rontgen diperlukan pada daerah yang tidak terlihat dan menilai perkembangan kerusakan giginya.

Kerusakan gigi disebabkan oleh beberapa bakteri penghasil asam yang mengakibatkan kerusakan karena adanya karbohidrat atau gula dalam bentuk sukrosa, glukosa dan fruktosa. Kadar asam di dalam mulut dapat mengakibatkan kerusakan gigi karena stuktur gigi yang rentan oleh PH yang rendah. Secara khusus, gigi, yang sebagiana besar berisi mineral, berada dalam keadaan tetap demineralisasi dan remineralisasi antara gigi dan air ludah. Apabila PH disekitar gigi turun dibawah 5,5 maka laju demineralisasi akan lebih cepat daripada remineralisasi, dalam keadaan lanjut menyebabkan sejumlah mineral gigi akan hilang dari permukaan gigi. Inilah yang mengakibatkan kerusakan gigi.

Beberapa perawatan karies gigi dapat diupayakan dalam beberapa cara tergantung keparahan dan kerusakannya untuk memperbaiki bentuk, fungsi dan estetik gigi.

Iklan