Gigi putih tentu menjadi dambaan setiap orang. Kini, ada beragam cara untuk membuat gigi menjadi lebih putih. Teknologi kedokteran pun kini sudah berpihak pada dunia kecantikan, Anda hanya tinggal berkonsultasi dengan ahlinya. Mau cara instan atau yang memakan waktu? Anda tinggal pilih.

Whitening
Treatment ini masih menjadi favorit sampai sekarang. Anda tinggal memilih, apakah gel, selotip atau sinar laser. Ketiganya tergolong cepat dan tidak banyak makan waktu.

  • Pemutihan dengan Gel
    Sebelum melakukan pemutihan, gigi akan melewati proses pemeriksaan untuk dilihat kondisinya. Jika ada yang berlubang, maka gigi tersebut akan ditambal lebih dulu untuk menghindari iritasi. Pasalnya gel yang masuk ke dalam sela gigi dan gusi akan menyebabkan rasa ngilu yang cukup berat. Setelah penambalan dilakukan, dokter pun kemudian akan mencetak gigi.

Ini berguna saat pembuatan sampel tray (wadah) gigi di laboratorium. Setelah beberapa hari, tray akan siap dan pelaksanaan kosmetik gigi dengan menggunakan gel bisa dilakukan di rumah. Biaya satu paket perawatan gigi dengan gel ini berkisar Rp. 2-3 juta. Pasien bisa memilih rasa yang diinginkan, misalnya mint, pisang atau buah-buahan lainnya.

  • Pemutihan dengan Laser
    Pemutihan dengan cara ini biasanya dilakukan untuk kasus yang cukup parah dan harus dilakukan di klinik dengan bantuan dokter gigi. Ini disebabkan kandungan pemutih giginya lebih tinggi – sampai 35 mili, sementara komposisi dalam gel pemutih hanya 10 –15 mili. Jika tidak dilakukan dengan hati-hati,  akan mengakibatkan rasa ngilu yang cukup berat karena bisa mengakibatkan iritasi pada gusi. Untuk itu dokter biasanya akan memberikan pengamanan terlebih dahulu pada gusi.
    Setelah itu, pada proses pemutihannya, gusi akan disinari dengan sinar khusus, kemudian dibilas dan disinari lagi. Perubahan akan terlihat hanya dalam waktu 0,5 – 1 jam. Untuk hasil yang baik, pasien harus melakukan perawatan gigi seperti biasa, misalnya teratur menggosok gigi. Harga treatment sekitar Rp.6-7 juta.

  • Pemutihan dengan Selotip Pemutih
    Ini adalah proses pemutihan gigi paling cepat, hanya butuh waktu setengah jam. Tetapi, hasilnya tidak tahan lama. Jika pemutihan lain bisa bertahan 3 tahun, dengan selotip hanya bertahan beberapa hari saja. Pada proses pemutihannya, selotip pemutih ditempelkan pada gigi selama setengah jam. Dan setelah dilepaskan, gigi akan tampak menjadi lebih putih. Cara ini juga merupakan cara sekali pakai.  Jika pada kesempatan lain warna gigi sudah berubah, pemasangan selotip bisa digunakan kembali. Biasanya, satu paket selotip pemutih memiliki masa kadaluarsa dua tahun. Harga Rp 750 – 1 juta.

    2

    Kesempurnaan struktur gigi
    Senyum indah tidak hanya berasal dari gigi yang putih cemerlang tapi juga kesempurnaan struktur gigi dan adanya rahang penunjang yang ideal. Keduanya saling berhubungan sebab bentuk rahang sangat menopang susunan gigi di atasnya. Metode yang cukup populer adalah Orthodontic (meratakan gigi dengan kawat permanen yang stylish), crown / bride cosmetic (penjaketan gigi atau pembuatan jembatan gigi tiruan) dan temporomandibular joint (terapi melembutkan bentuk rahang dengan alat spin). Harga sekitar Rp.9.5 – 20 juta.

    Dental Implants
    Treatment ini tergolong baru di teknologi kedokteran gigi, namnya tooth replacement therapy. Tidak hanya sanggup mengganti satu gigi tapi semuanya demi kesempurnaan. Gigi baru hasil implant bisa dibuat seperti gigi asli dan jauh dari kesan artifisial. Bahkan bisa dirancang seperti gigi yang Anda inginkan. Misalnya lebih kecil atau mungil. Metode ini juga dilengkapi akar gigi yang bisa menancap ke gusi bahkan sensitivitasnya dibuat mirip gigi asli. Dibutuhkan waktu tiga bulan untuk menyelesaikan metode ini dan harga untuk per satuan gigi sekitar 60 juta rupiah.

    Ingat!

    1. Hindari konsumsi antibiotik berkepanjangan. Terutama yang mengandung tetrasiklin yang potensial menggelapkan warna gigi.

    2. Kebiasaan merokok dan minum alkohol juga dapat menimbun residu yang mengakibatkan plak pada gigi.

    3. Apapun bentuk treatment yang Anda pilih, pastikan gigi Anda bebas infeksi dan bebas ngilu.

    4. Pasta gigi yang mengandung pemutih, hanya bekerja mempertahankan intensitas warna gigi asal. Tidak bisa memutihkan gigi ke satu tingkat lebih putih.

Iklan