PeriodontikPenyakit gusi (periodontal) adalah penyakit kronis akibat infeksi bakteri yang mengenai jaringan periodonsium. Kelainan yang paling banyak didapat adalah kelainan dari gingiva karena gingiva terletak pada bagian permukaan sedangkan penyebab yang paling menonjol adalah plak dan kalkulus (karang gigi). Mulut kita penuh dengan bakteri, yang akan membentuk plak. Bentuk plak tipis dan tidak berwarna,  dan kadang kita tidak sadar bahwa plak telah terbentuk. Plak harus dibersihkan dengan menyikat gigi teratur,  bila tidak,  plak lama kelamaan mengeras membentuk kalkulus (karang gigi) yang hanya bisa dibersihkan oleh dokter gigi. Penyakit periodontal digolongkan menjadi 2:

  • Gingivitis (penyakit gusi), merupakan penyakit keradangan gusi. Gejala yang timbul biasanya terjadi perdarahan saat sikat gigi, dan kadang menimbulkan bau mulut.
  • Periodontitis (penyakit jaringan penyangga gigi/periodontal), merupakan keradangan berlanjut akibat gingivitis yang tidak dirawat.  Akan terbentuk pocket menyebabkan peradangan berlanjut merusak tulang dan jaringan penyangga gigi sehingga gigi menjadi goyang dan harus dicabut.
Iklan