GIGI TIRUAN/PROTESA

gigiGigi tiruan atau protesa dapat dibuat untuk menggantikan gigi yang hilang. Kehilangan satu atau lebih gigi  akan mempengaruhi beberapa hal antara lain :

  1.  Senyum anda
    Kehilangan satu atau lebih gigi akan membuat senyum anda tidak  natural dan secara estetik tidak terlihat baik. Ketika anda kehilangan gigi anda akan kehilangan tulang yang yang sangat penting untuk estetik wajah anda.
  2. Tulang
    Ketika gigi di dalam mulut, ia akan menstimulasi tulang disekitarnya ketika menggigit, hal ini yang menyebabkan integritas tulang baik dengan latihan tersebut.  Ketika satu atau lebih gigi hilang maka tulang tidak distimulasi dan akan menyebabkan lemah dan terjadi pengerutan tulang dan ini akan terjadi terus menerus dan lama kelamaan akan menimbulkan komplikasi yang serius.

    Ketika kehilangan gigi secara keseluruhan, tulang rahang akan resorbsi dan mengecil. Dengan kehilangan tulang yang banyak maka pasien tidak dapat menggunakan gigi tiruan lepasan, karena tidak cukup tulang untuk menahan gigi tiruan tersebut.

  3. Gigi antagonis (berlawanan)
    Jika gigi antagonis tidak ada  maka gigi tersebut akan erupsi berlebihan (lebih memanjang) karena kurangnya pertahanan dari gigi antagonis dan akan menyebabkan masalah oklusi. Gusi juga akan bermasalah akibat malposisi (posisi yang tidak sesuai) dari gigi.
  4. Gigi disekitarnya.
    Satu atau lebih gigi yang hilang, gigi akan bergeser dan erupsi berlebihan kearah daerah gigi yang hilang.  Hal ini akan menimbulkan masalah oklusi dan periodontal dimana akan menyebabkan kehilangan gigi. Masalah oklusi akan timbul jika kondisi ini tidak segera diperbaiki dan akan menggangu fungsi pengunyahan dan selanjutnya akan menimbulkan masalah terhadap otot dan sendi.

Terdapat dua macam gigi tiruan, yaitu:

1. Gigi Tiruan Sebagian

Yaitu gigi tiruan yang menggantikan satu atau lebih gigi di dalam lengkung rahang. Ada dua macam gigi tiruan sebagian yaitu (1) Gigi Tiruan Sebagian Lepasan, yaitu GTS yang bisa dilepas dengan mudah baik oleh pasien maupun oleh dokter gigi. (2) Gigi Tiruan Sebagian Cekat, yaitu GTS yang dalam penggunaannya tidak bisa dilepas dengan mudah oleh pasien.

2. Gigi Tiruan Lengkap

Yaitu gigi tiruan yang menggantikan seluruh gigi dalam satu lengkung rahang maupun seluruh rahang di dalam rongga mulut

Iklan