Sariawan

Kebetulan banyak yang tanya tentang sariawan, memang penyakit sepele tapi nyebelin ya… bikin ngiler melulu dan ga bisa makan enak… apalagi yang udah langganan tiap bulan dapet (wah kalau dapet gajian ga ada yang protes ya…). Ok deh.. berhubung aku udah di promosikan sama sejawat Dr. Dani Iswara, jadi aja aku musti sering2 update blog ini, plus pake bahasa gaul (hehehe… udah bisa neeh..udah di update Dokter Dani…).
Begini… penyebab sariawan ini bisa faktor general yang ini bisa karena hormonal maupun penyakit sitemik atau bahkan stres, penyebab lainya adalah faktor lokal, bisa karena overhang tambalan atau karies, protesa (gigi tiruan), kegigit atau segaja di gigit…pokoknya segala macam yg menimbulkan trauma pada gusi atau mukosa mulut. So pengobatannya sebaiknya juga berdasarkan faktor penyebabnya. Sebaiknya jangan di obati sembarangan karena kita tidak tahu apakah obat tersebut bersifat karsinogenik, atau merangsang kanker.
Ada yang tanya apakah yoghurt bisa mengobati sariawan? Yoghurt mengandung lactobacillus, pada kondisi flora dan fauan mulut yang tidak seimbang, bakteri tersebut dapat membantu keseimbangan kebun binatang mulut. Tapi sariawan yang lebih dari dua minggu harus di waspadai… segera hubungi dokter supaya bisa di check and recek lebih lanjut.
Iklan