Tumbuh Gigi

Teething
Bila bayi mengangis berkepanjangan tanpa penyebab yang jelas, sangat menimbulkan ke khawatiran anda sebagi orang tua. Bila bayi anda tidak mengompol, lapar atau haus, kemungkinanan besar penderitaanya di sebabkan oleh teething. Pertumbuh gigi pada bayi biasanya dimulai pada usia 5 sampai 7 bulan.
Lakukan pemeriksaan pada lengkung rahang bawah bila terlihat adanya benjolan yang kemerahan dan keras, atau bila di raba terasa permukaan yang bergerigi dan tajam menandakan gigi sudah menembus gusi. Keadaan ini merupakan keadaan yang normal, tetapi kadang menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Hal yang bisa kita lakukan untuk membantu meringankan penderitaan bayi tersebut antara lain dengan memberikan handuk bersih yang di celupkan ke dalam air es, kemudian letakkan di dalam mulut, pastikan handuk tersebut membasahi gusi yang sakit dan biarkan bayi mengisap handuk, biarkan hingga tertidur dan ambil handuk tersebut.
Pengompresan dengan cara ini membantu mengurangi rasa sakit karena air dingin akan menyebabkan numbness/baal pada syaraf di sekitanya selain mengurangi radang. Bila bayi masih menangis juga dapat di berikan obat analgesic yang tersedia di rumah anda dan telah biasa di gunakan untuk anak anda.
Iklan