Tumor Rongga Mulut

Tumor merupakan pertumbuhan sel yang tidak semestinya, penyebab tumor sampai saat ini belum diketahui. Kombinasi kelainan genetik, Oral hygiene yang buruk serta nikotin merupakan hal yang mendukung terjadinya tumor ganas rongga mulut. Seperti halnya dibagian tubuh lainnya tumor rongga mulut dapat di golongkan menjadi tumor ganas dan tumor jinak. Tumor pada rongga mulut dapat terjadi pada lapisan epidermis mukosa mulut, otot, tulang rahang, kelenjar ludah, kelenjar getah bening.
Tanda-tanda tumor ganas :Pertumbuhannya cepat, menyebar dan menekan sehingga menibulkan rasa sakit, pada rongga mulut dapat berupa ulkus yang tidak sembuh2. Biasanya diikuti gejala sistemik berupa penurunan berat badan yang cepat, keringat malam, panas badan dan kelemahan.
Tanda-tanda tumor jinak : tumbuh lambat, tidak sakit, tidak menimbulkan gangguan fungsi pada jaringan sekitarnya, pertumbuhannya terbatas biasanya berkapsel, tidak bermetastase pada organ lain.
Tindakan pembedahan sangat bervariasi tergantung stadium tumor pada saat tumor ditemukan. Prosedur awal dilakukan biopsy, atau pengangkatan sebagian masa tumor untuk diperiksa secara histopatologis sehingga dapat diketahui jenis sel tumor apakah tergolong ganas atau jinak. Prosedur selanjutnya berupa tindakan eksisi atau pengangkatan jaringan tumor disertai pengangkatan jaringan sehat di sekitarnya. Pada tumor ganas prosedur ini dapat diikuti pengangkatan kelenjar getah bening leher dan radiasi ataupun khemotherapi. Prosedur terakhir adalah rekonstruksi baik berupa bedah atau alat yang digunakan untuk memperbaiki fungsi dan estetik rongga mulut.
Iklan