Ngapain sih bu Evy teriak2 kudu rajin sikat gigi dengan cara yang benar… euleeh mana di menitin emange kudu pake busur derajat dan stopwatch…repot amat? Pacar gue masih mau nyium ini… berarti gue bukan penderita nafas komodo naga… lagian…. sakit gigi khan ga bikin mati ini….

Eiiiittt…ntar dulu jangan remehkan kebersihan mulut.. karena mulut yang kotor bisa jadi sumber infeksi sistemik lho…, seperti penyakit ginjal, penyakit jantung dan pembuluh darah, infeksi sinus, bahkan pada ibu hamil bisa menyebabkan melahirkan bayi berat lahir rendah.

Aaalaaaah bu Evy nakut2in khan…? Ehmm…sekarang coba buka mulut masing2 dan perhatikan apakah ada penampakan seperti ini ?

periodontal-disease.jpg

Kalau ada salah satunya aja berarti anda sudah menderita Penyakit Periodontal

Penyakit periodontal merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh sekitar 400 macam jenis bakteri  yang bersarang di dalam calculus (karang gigi), biasanya terdapat pada leher gigi. Nah si bakteri2 inilah sumber kemaksiatan infeksi yang berekplorasi melalui aliran darah bisa nyangkut kemana2 diseluruh bagian tubuh. Meskipun si bakteri ini sudah di basmi dengan antibiotik tapi kalau fokal infeksi atau sumbernya sendiri belum di berantas habis ya bisa terjadi infeksi berulang.

Penyakit periodontal ini dapat ringan seperti gingivitis (peradangan hanya pada gusi), biasanya gigi bewarna merah dan mudah berdarah. Pada keadaan yang lebih berat dapat terjadi kerusakan tulang pendukung gigi bahkan abses periodontal…klo udah gini…keluar nanah/pus-nya. Bila terjadi kerusakan sudah mengenai tulang, bisa menyebabkan gigi lepas.

periodontal.JPG

Merokok serta penyakit sistemik seperti diabetes meningkatakan keparahan penyakit periodontal. Nah ini gambaran mulut perokok dengan penyakit periodontal, yg asapnya bikin wadehel klenger itu…(padahal baru di asepin belum dicium tuh…bisa koma kali kamu ya hel…?)

mild1.jpg

Gejala penyakit ini biasanya tidak dirasakan sampai penyakit sudah lanjut, gejala tersebut berupa :
1. Bau mulut yang tidak hilang
2. Gusi merah dan membengkak
3. Gusi yang sakit dan berdarah
4. Rasa sakit pada saat mengunyah
5. Gigi goyang dan gigi sensitive

Pencegahan penyakit periodontal antara lain dengan cara :
1. Menyikat gigi setiap habis makan dengan pasta gigi yang mengandung fluoride
2. Membersihkan sela2 antara gigi dengan dental floss, dental floss ini gunanya
untuk mengangkat sisa makanan yang terdapat di leher gigi dan di bawah gusi
3. Saat ini sudah banyak di produksi “dental water jet” yang terbukti efektif
menghilangkan perdarahan gusi di bandingkan dental floss.
4. Makanan bergizi yang seimbang
5. Mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk di lakukan cleaning dan pemeriksaan rutin.

Kenapa perlu ke dokter gigi karena karang gigi ini hanya bisa di hilangkan dengan cara mekanis, tidak ada obat pelarutnya kecuali mau sekalian ngelarutin gigi dan mulutnya…  jadi bikin jadwal rutin ketemu dokter gigi…. lebih baik mencegah daripada mengobati… )

Iklan